Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) sebagai langkah nyata dalam membentuk calon pendidik yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan masa depan.

STIT Al-Bukhary sebagai pusat pengembangan keilmuan dan keagamaan melalui Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Berlokasi di Jl. Sempurna/Al-Bukhary No: 21 Rantauprapat, Labuhanbatu, program ini telah mampu mencetak calon pendidik yang kompeten dan berintegritas.

Dengan Nomor SK Pendirian Prodi Studi 2645 dan Akreditasi "Baik," PIAUD di Stita Labuhanbatu memberikan landasan pendidikan yang solid dan relevan. Adapun Nomor SK BAN-PT 4924/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/VIII/2020 menunjukkan pengakuan resmi atas kualitas dan standar pendidikan yang tinggi.

Di bawah kepemimpinan Soybatul Aslamiah Ritongan, S.Pd., M.Pd., Stita Labuhanbatu terus berkomitmen menghasilkan lulusan PIAUD yang tidak hanya memiliki keahlian mengajar tetapi juga mampu membimbing dan memberikan pemahaman nilai-nilai Islam kepada anak usia dini.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik, informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui kontak telepon 085206306651 / 085361615263 atau mengunjungi situs resmi www.stita.ac.id. Stita Labuhanbatu berusaha memberikan pengalaman pendidikan Islam anak usia dini yang unggul dan relevan dengan tuntutan zaman.

Profil Lulusan: Lulusan Sarjana Pendidikan Islam Anak Usia Dini dari Stita Labuhanbatu memiliki keahlian yang sangat dibutuhkan di berbagai bidang, antara lain:

  • Tenaga Pendidik di Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini: Mampu membimbing dan mengajar dengan pendekatan khusus pada anak usia dini.
  • Tenaga Pendidik Bimbingan dan Konseling di Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini: Kompeten dalam memberikan bimbingan dan konseling pada anak usia dini.
  • Tenaga Pendidik Taman Pendidikan Al-Quran di Pendidikan Anak Usia Dini: Mengelola pembelajaran Al-Quran secara profesional di taman pendidikan anak usia dini.
  • Juru Kisah di Pendidikan Islam Anak Usia Dini: Memiliki keterampilan bercerita Islami yang menarik untuk anak-anak usia dini.
  • Wirausahawan Kependidikan: Mampu mandiri mengelola bisnis pendidikan dengan fokus pada perkembangan anak usia dini.
  • Peneliti Pemula Bidang Pendidikan Dasar: Mengembangkan pengetahuan melalui penelitian di bidang pendidikan dasar.
  • Juru Da’i Pendidikan Islam: Berperan sebagai penceramah yang menginspirasi dalam konteks pendidikan Islam anak usia dini.

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini di Stita Labuhanbatu bertujuan untuk menciptakan calon pendidik yang berkualitas dan siap memberikan kontribusi positif pada perkembangan anak usia dini di Indonesia.

Deskripsi Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Stita Labuhanbatu:

1. Tenaga Pendidik Raudhatul Athfal/Taman Kanak-kanak (RA/TK)/ Pendidikan Anak Usia Dini:
   - Deskripsi: Lulusan memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk menjadi tenaga pendidik profesional di Raudhatul Athfal/Taman Kanak-kanak (RA/TK)/ Pendidikan Anak Usia Dini.
   - Kemampuan: Menguasai IPTEK yang berhubungan dengan pendidikan anak usia dini, menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan memadai.

2. Tenaga Pendidik Taman Pendidikan Al-Quran Anak Usia Dini:
   - Deskripsi: Lulusan dapat menjadi tenaga pendidik Taman Pendidikan Al-Quran Anak Usia Dini secara profesional.
   - Kemampuan: Mampu mengelola pembelajaran Al-Quran secara komprehensif, memberikan pemahaman agama Islam sejak dini.

3. Juru Kisah:
   - Deskripsi: Lulusan memiliki keahlian untuk menjadi Juru Kisah dalam bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini secara professional.
   - Kemampuan: Mampu menyampaikan cerita-cerita Islami dengan metode yang menarik dan mendidik bagi anak-anak usia dini.

4. Wirausahawan:
   - Deskripsi: Lulusan memiliki kemampuan mandiri untuk mengelola bisnis mikro maupun makro yang berfokus pada jasa dan produk Pendidikan Anak Usia Dini.
   - Kemampuan: Mampu mengidentifikasi peluang bisnis, mengembangkan strategi pemasaran, dan menjalankan bisnis dengan orientasi pada kebutuhan pendidikan anak usia dini.

5. Peneliti Pemula:
   - Deskripsi: Lulusan mampu melakukan kegiatan penelitian, pengembangan, penerapan, serta pelayanan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
   - Kemampuan: Mampu menyusun dan melaksanakan proyek penelitian yang relevan, memberikan kontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam konteks pendidikan anak usia dini.

6. Juru Da’i:
   - Deskripsi: Lulusan memiliki kemampuan menjadi da’i khususnya dalam bidang pendidikan anak usia dini.
   - Kemampuan: Mampu menyampaikan ajaran Islam dengan pendekatan yang sesuai untuk anak usia dini, memberikan inspirasi dan pemahaman nilai-nilai keagamaan.